Deretan Pengusaha lalu Konglomerat pada Balik Kubu Capres-Cawapres

Deretan Pengusaha lalu Konglomerat pada Balik Kubu Capres-Cawapres

Jakarta – Masa kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) juga pemilihan Calon Presiden (Capres) dan juga Calon Wakil Presiden (Cawapres) 2024 sudah pernah berakhir pada Hari Sabtu kemarin (10/2/2024). Sehingga masa tenang akan dimulai pada hari Mingguan (11/2/2024) hingga Selasa (13/2/2024).

Diketahui, pada Hari Sabtu kemarin tiga kandidat Capres kemudian Cawapres sudah pernah melakukan kampanye akbar. Pasangan Capres dan juga Cawapres nomor urut satu yakni Anies Baswedan juga Muhaimin Iskandar atau dikenal Cak Imin sudah pernah melakukan kampanye akbar di dalam Ibukota International Stadium (JIS) dengan perkiraan 5 jt orang yang mana berada disana dengan kampanye bertajuk “Kumpul Akbar Ber1 Berani Berubah”.

Kemudian, pasangan Capres kemudian Cawapres nomor urut dua yakni Prabowo Subianti danGibran Rakabuming Raka juga menyelenggarakan kampanye akbar di dalam Gelora Bung Karno (GBK) dengan sekitar 600 ribu orang hadir di dalam acara tersebut.

Adapun, pasangan Capres lalu Cawapres nomor urut tiga yakni Ganjar Pranowo dan juga Mahfud MD yang mana mengambil bagian menyelenggarakan kampanye akbar di area Surakarta, Jawa Tengah.

Lantas siapa belaka pengusaha perusahaan dan juga konglomerat yang dimaksud berada dibalik pendukung dari masing-masing Capres juga Cawapres pada pemilihan umum 2024, berikut daftarnya:

1. Pasangan Nomor Urut 1 – Anies Baswedan lalu Muhaimin Iskandar (Cak Imin)

a) Surya Paloh
Surya Paloh merupakan Ketua Umum Partai Nasional Demokrat. Ia merupakan pemilik dari Media Massa Group yang tersebut menjalankan beberapa televisi nasional seperti Metro TV serta Magna TV, dan juga harian Media Massa Indonesia.

Bukan cuma sejumlah bergerak di tempat bidang media, Media Massa Group juga memiliki anak perusahaan di area bidang makanan, tepatnya di tempat kegiatan bisnis katering. Beberapa perusahaan yang dimilikinya antara lain PT Global Daging Food Industries, PT Pangansari Utama Food Industri, PT Pangansari Utama Food Distribution kemudian PT Pangansari Utama Patisserie.

Selain itu, terdapat industri penginapan dan juga perhotelan, yakni PT Citragraha Nugratama (The Papandayan), PT Grahasahari Suryajaya (The Dunia Pers Hotel & Towers) dan juga Intercontinental Bali Resort.

Surya Paloh juga mempunyai usaha di tempat bidang pertambangan melalui perusahaan PT Pusaka Marmer Indahraya (Pumarin), PT Indoenergi Platinum (IP), PT Surya Daya Raya (SER) juga PT Emas Mineral Murni (EMM).

b) Leontinus Alpha Edison
Ia adalah salah satu pendiri Tokopedia. Leontinus serta William Tanuwijaya mendirikan Tokopedia 14 tahun silam yang dimaksud pada masa kini menjadi salah satu unit perusahaan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO). Kini, ia didapuk sebagai presiden komisaris di dalam perusahaan IT bernama Dekara sejak Juli 2022.

c) Tom Lembong
Thomas Trikasih Lembong alias Tom Lembong didapuk sebagai co-captain Timnas AMIN. Ia adalah sosok pelaku bisnis kakap yang dimaksud sempat menjadi menteri perdagangan pada 2015-2016, juga kepala badan koordinasi penyertaan modal (BKPM) 2016-2019.

Ia juga pernah menjadi presiden komisaris di dalam PT Graha Layar Prima Tbk (BLTZ) atau Blitz Megaplex pada 2012-2014. Tom Lembong juga pernah menjadi komisaris utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (PJAA).

d) Gede Widiade
Gede merupakan bendahara Timnas Amin. Dia dikenal sebagai entrepreneur teras Surabaya yang dimaksud berasal dari Bali. Dia merupakan pebisnis di tempat bidang properti, hotel, juga kafe di tempat berbagai tempat di dalam Indonesia.

e) Jusuf Kalla
Mantan Wakil Presiden RI ke-10 lalu ke-12 ini rupanya juga merupakan bagian dari Grup Kalla yang tersebut miliki gurita kegiatan bisnis pada berbagai sektor. Grup Kalla sendiri didirikan oleh Hadji Kalla pada 1952. Tahun 1968, Jusuf Kalla menjadi direktur utama dari NV Hadji Kalla. Di bawah kepemimpinannya, NV Hadji Kalla mengalami perkembangan dari sekadar usaha ekspor-impor, meluas ke bidang-bidang perhotelan, konstruksi, pejualan kendaraan, perkapalan, real estate, transportasi, peternakan udang, kelapa sawit, kemudian telekomunikasi.

2. Pasangan Nomor Urut 2 – Prabowo Subianti danGibran Rakabuming Raka

a) Aburizal Bakrie, Grup Bakrie
Aburizal Bakrie atau pria yang digunakan biasa disapa Ical ini dikenal sebagai pengusaha perusahaan kawakan lalu pernah menjabat Ketua Umum Partai Golkar. Ical juga pernah menjabat Menteri Koordinator Perekonomian masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)-Jusuf Kalla pada 2004. Setahun kemudian, ia beralih tugas menjadi Menteri Koordinator Kemakmuran Rakyat hingga 2009. Ia juga pernah menjabat Ketua Kamar Dagang juga Industri (KADIN) selama dua periode 1994-2004.

b) Hatta Rajasa
Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) yang digunakan pernah menjabat Ketua Umum di dalam partai tersebut, juga dikenal sebagai pelaku bisnis bidang minyak juga gas (Migas), juga tambang. Bisnisnya dijalankan di dalam bawah PT Arthindo, PT Arthasia Cipta Pratama, kemudian PT Arthadaya Coalindo. Di masa Pemerintahan Presiden SBY, Hatta juga pernah menjabat berbagai tempat menteri, seperti Menteri Sekretaris Negara, Menteri Perhubungan, serta Menristek.

c) Hashim Djojohadikusumo
Hashim Djojohadikusumo merupakan entrepreneur pemilik Arsari Grup. Usahanya mencakup sektor agro seperti perkebunan, energi, pertambangan serta bisnis-bisnis lain berbasiskan sumber daya alam.

Hashim mulai merintis usahanya, PT Era Persada, yang tersebut bergerak di tempat bidang perdagangan di negeri. Setelah mendirikan Era Persada, Hashim mengatur beberapa perusahaan, antara lain: PT Tidar Kerinci Agung pada 1984, PT Prahabima pada 1985, PT Bank Universal pada 1985, PT Ina Persada pada 1986, juga PT Tirtamas Majutama pada 1987.

d) Pandu Patira Sjahrir
Pandu merupakan keponakan dari Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan. Pandu merupakan entrepreneur sekaligus Wakil Direktur Utama PT TBS Tenaga Utama Tbk (TOBA).

e) Putri K. Wardhani
Putri Kuswisnu Wardani dikenal sebagai pengusaha perusahaan kosmetik. Ia merupakan bos perusahaan PT Mustika Ratu Tbk (MRAT).

f) Erwin Aksa
Erwin Aksa menjadi entrepreneur nasional mengikuti jejak sang ayah dengan Bosowa Group. Ia terlibat sebagai pengusaha perusahaan kondang nasional, usahanya merambah berbagai sektor lewat bendera Recapital Group.

g) Theo Sambuaga
Nama Theo Sambuaga tak asing lagi dalam dunia usaha Tanah Air. Theo Sambuaga merupakan Presiden Komisaris perusahaan-perusahaan yang mana bernaung di tempat bawah Lippo Group, seperti PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK), PT Multipolar Tbk (MLPL), dan juga PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA). Namun sekarang nama Theo Sambuaga sudah pernah tak tercatat sebagai Presiden Komisaris dalam Lippo Group oleh sebab itu sudah mengundurkan diri.

h) Totok Lusida
Ketua Dewan Pakar Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ini juga merupakan Ketua Umum Real Estate Indonesia (REI). Totok yang tersebut berlatar belakang sarjana farmasi, justru terjun sebagai entrepreneur di tempat industri properti yang mana tak berhubungan dengan pendidikannya. Bisnis propertinya dijalankan melalui banyak perusahaan yang digunakan beliau dirikan seperti PT Lusida Graha Makmur, PT Lusida Jaya Makmur, PT Lusida Mitra Makmur, PT Bangun Mitra Persada, lalu banyak perusahaan lainnya.

i) Wishnu Wardana
Wishnu Wardana merupakan Presiden Direktur / pimpinan PT Indika Energy tbk (INDY). Sejak tahun 2004, ia mendirikan Teladan Resources dalam bawah naungan PT. Teladan Prima Agro Tbk (TDLN), yang digunakan fokus bisnisnya adalah perkebunan sawit.

3. Pasangan Nomor Urut 3 – Ganjar Pranowo dan juga Mahfud MD

a) Harry Tanoesoedibjo
Harry Tanoe merupakan pendiri sekaligus pemilik dari perusahaan konglomerat MNC Group. Di bidang politik, beliau merupakan pendiri kemudian Ketua Umum Partai Persatuan Indonesia (Partai Perindo). Ia pernah bergabung pada Partai NasDem juga Partai Hanura.

b) Sandiaga Uno
Manuver kebijakan pemerintah Menparekraf Sandiaga Uno diprediksi dapat menguatkan harga jual saham emiten terafiliasi dirinya. Pasalnya, Sandi yang tersebut saat ini juga menjabat Ketua Badan Pemenangan pemilihan raya (Bappilu) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) resmi ditunjuk menjadi Ketua Dewan Pakar Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud.

c) Arsjad Rasjid
Koalisi pengusung Ganjar Pranowo resmi menunjuk Arsjad Rasjid menjadi Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Arsjad dinilai memiliki kapabilitas untuk menjadi ketua TPN.

CNBC Indonesia Research

[email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *