Bukan Hanya Qatar, Negara Ini adalah Juga Juara Piala Asia Berkali-kali

Bukan Hanya Qatar, Negara Ini adalah adalah Juga Juara Piala Asia Berkali-kali

Jakarta – Qatar kembali menjadi pemenang di event Piala Asia 2023, pada Lusail Stadium, Qatar, Hari Sabtu (10/2/2024). Kemenangan gemilang Qatar melanjutkan edisi kemenangan yang digunakan pernah di area raih pada tahun 2019 ketika melawan Jepang.

Hasil final Piala Asia 2024 Qatar vs Yordania pada Hari Sabtu (10/02/2024) ditutup dengan skor 3-1 lewat Hattrick penalti Akram Afif. Kejayaan di tempat Stadion Lusail, Lusail, Qatar ini menjamin The Maroons sukses mempertahankan penghargaan juara AFC.

Qatar saat ini tergabung dengan empat negara lain yang dimaksud dapat juara lebih tinggi dari sekali, yakni Jepun (4 kali), Arab Saudi (3 kali), Iran (3 kali), lalu terakhir Korea Selatan (2 kali).

Sejak Piala Asia dimulai pada 1956, semata-mata ada lima pasukan yang dimaksud bisa saja juara beruntun. Korea Selatan, Iran, Arab Saudi, serta Jepun secara beruntun melakukannya.

Berikut daftar para pemenang juga runner-up Piala Asia sejak tahun 1956 hingga tahun 2023.

Namun, sayangnya Indonesia hingga pada waktu ini belum pernah mengungguli Piala Asia identik sekali.

Patut diketahui, pasukan Garuda hanya saja empat kali lolos Piala Asia yakni pada tahun 1996, 2000, 2004, dan juga 2007. Meskipun Timnas belum pernah mencicipi trophy kemenangan, namun kali kelima Timnas Indonesia diharapkan mampu mengungguli pertandingan dalam bawah pembimbing Shin Tae Yong.

Sebagai catatan, Indonesia mengirimkan total 26 pemain yang digunakan terdiri dari tujuh pemain naturalisasi. Kejayaan Qatar pada event Piala Asia 2023 tentunya bukan luput dari dukungan pembimbing timnas Qatar yakni Marquez Lopez.

Berikut daftar pemenang lalu ahli di Piala Asia sejak tahun 1956 hingga tahun 2023.

CNBC Indonesia Research

[email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *