5 Fakta Indonesia Juara AFC eAsian Cup, Kalahkan Jepun pada Final juga Catatkan Sejarah

5 Fakta Indonesia Juara AFC eAsian Cup, Kalahkan Jepun pada Final juga Catatkan Sejarah

JAKARTA – Ajang AFC eAsian Cup 2023 yang dimaksud diselenggarakan di area Qatar memunculkan eTimnas Indonesia sebagai juaranya pasca tumbangkan Jepun di area fase Final.

AFC eAsian Cup sendiri merupakan kejuaraan esports resmi Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) pertama pada sejarah Piala Asia. Turnamen ini direncanakan kemudian diadakan selama Piala Asia AFC Qatar 2023.

Menurut laman resmi Konami, Asosiasi Sepak Bola Negeri Sakura (JFA) sudah pernah mengadakan pertandingan kualifikasi di game eFootball pada 10 November 2023 untuk memilih partisipan kompetisi.

Sistem kompetisi pada AFC eAsian Cup 2023 mirip dengan kompetisi sepak bola, dimana kontestan harus menghadapi sistem grup terlebih dahulu sebelum masuk ke sistem gugur.

Setiap laga baik di dalam fase grup maupun pada fase gugur juga diadakan sebanyak dua kali atau dua leg.

5 Fakta Indonesia Juara AFC eAsian Cup

1. Skuad eTimnas Indonesia

Timnas eFootball Indonesia diperkuat oleh Elga Cahya Putra, Rizky Faidan, serta Akbar Paudie. Mereka bertiga sukses menggilas lawan-lawannya di dalam fase gugur hingga ke sesi final AFC eAsian Cup Qatar 2023.

2. Perjalanan Menuju Juara

Tim Garuda mampu melaju dengan mulus dalam fase grup, dimana dia mampu menaklukkan Vietnam dengan agregat 6-0. Setelah itu, timnas berhasil menekuk Negeri Sakura dengan agregat 6-3, menciptakan Indonesia mengundurkan diri dari sebagai juara grup D.

Pada putaran 16 besar, giliran Korea Selatan yang digunakan harus mengakui kehebatan Elga Cahya kemudian kawan kawan. Negeri Ginseng harus dipaksa pulang dengan agregat 2-0.

Selanjutnya, Indonesia mampu memetik kemenangan besar ketika bersua dengan Uni Emirat Arab dalam perempat final. UEA harus menyerah dengan agregat 12-0 dari kelompok Garuda.

Kemudian di area semifinal, Indonesia harus berjumpa negara tetangga Thailand. Negeri Gajah Putih rupanya tak kuasa menahan serangan Merah Putih hingga kalah agregar 3-1.

3. Sempat Imbang pada Leg Pertama juga Dilanjut Adu Penalti

Pada sesi final yang tersebut diadakan pada 5 Februari 2024, eTimnas Indonesia harus bertemu lawan yang digunakan sudah ditaklukkan pada fase grup, yakni Jepang.

Pada fase pertama pada leg pertama Indonesia mampu unggul 1-0, namun pada penghujung fase kedua Negeri Matahari Terbit berhasil menyamakan kedudukan sehingga pertandingan harus bergulir ke adu penalti.

Dalam adu penalti ini Indonesia akhirnya berhasil mengamankan satu kemenangan pasca menang 3-2. Laga kemudian dilanjutkan ke leg kedua.

4. Berhasil Kalahkan Jepun dalam Leg Kedua

Pada leg kedua, rupanya Indonesia mampu tuntaskan perlawanan Negeri Sakura dengan skor tipis satu-nol saja. Membuat pasukan Garuda berhasil menjuarai kompetisi yang digunakan diselenggarakan dalam Qatar tersebut.

5. Catatkan Sejarah

Suksesnya eTimnas Indonesia menghadirkan peringkat juara ini sekaligus mencatatkan sejarah manis. Dimana regu Indonesia tercatat sebagai juara pertama AFC eAsian Cup yang dimaksud baru dijalankan pada tahun ini.

Itulah beberapa fakta menarik tentang Indonesia yang tersebut berhasil meraih juara dalam turnamen AFC eAsian Cup 2023 pada Qatar. Kejayaan ini lantas sejumlah mendapat perhatian dari warganet disosialmedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *